Kenali Autis Sejak Dini

Kenali Autis Sejak Dini

Autis ternyata dapat dideteksi pada usia dini. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa hal itu dapat dikenali pada bayi di tahun pertama. “Gejalanya ditandai dengan respons otak yang berbeda dibandingkan bayi pada umumnya,” ujar Direktur Pusat Pengembangan Kognitif dan Otak di Birkbeck College, Universitas London, Jhonson, pekan lalu.

Kesimpulan yang dipublikasikan oleh Journal Current Biology itu berangkat dari penelitian 104 bayi berusia enam sampai sepuluh bulan. Lalu dilanjutkan saat bayi berusia tiga tahun. Untuk keperluan penelitian itu, para peneliti menggunakan sensor pasif yang ditempatkan pada kulit kepala. Alat itu difungsikan untuk mendata aktivitas otak saat wajah bayi berpaling usai bertatap muka dengan orang lain.

Ternyata, seorang bayi autis  memiliki pola yang tidak biasa ketika merespons kontak mata dengan orang lain. Wajah mereka acap-acap berpaling usai bertatap muka. Bayi yang tumbuh bersama kakak atau saudara perempuan yang autis lebih besar berpotensi terkena autis. “Tapi penelitian ini belum bisa dikatakan 100 persen akurat,” kata Jhonson.

Jhonson mengakui diagnosis yang lebih menyakinkan untuk memastikan anak yang mengidap autis baru bisa dilakukan pada saat anak berusia di atas dua tahun. Itu karena tidak ada tanda-tanda perilaku yang bisa terlihat di bawah usia tersebut. “Karena itu, penelitian ini langsung mengukur aktivitas otak seorang anak. Jika gejala itu dapat dideteksi lebih awal, kami berharap autis dapat diantisipasi,” katanya.

Autis mempengaruhi sekitar satu persen orang di seluruh dunia. Spektrum gangguannya berdampak pada gangguan mental dan ketidakmampuan seseorang dalam berkomunikasi. Gejala yang cukup ringan terlihat pada orang yang terkena sindrom Asperger (jenis autis yang ditandai dengan gangguan kemampuan bahasa). Para penderitanya memiliki IQ yang relatif tinggi).

Sumber :  Lentera Ruhani.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s